Edu Global School resmi telah launching Program Bilingual dan Nasional Plus pada hari Senin (12/2).

MQFMNETWORK.COM, Bandung – Setelah proses yang cukup panjang dengan analisis dan research yang telah dilakukan, akhirnya Edu Global School telah melaunching Program Bilingual dan Nasional Plus pada hari Senin (12/2). Ketua Internasional Program Edu Global School, Hilmia Diptriani, S.H., MSc. berharap dengan diluncurkannya program Bilingual dan Nasional Plus tersebut sebagai salah satu jembatan bagi Edu Global School untuk dapat menjadi International School. Menurutnya, Institusi Pendidikan harus dapat berperan aktif dalam menciptakan generasi-genarsi yang mempuni dikancah global.

Program Bilingual sendiri akan diaplikasikan di seluruh level, mulai dari kelas 1 Sekolah Dasar (SD) hingga kelas 3 Sekolah Menegah Atas (SMA). Sementara itu, Program Nasional Plus akan dihadirkan untuk para siswa baru di kelas 7 dan kelas 10 di semua unit Edu Global School baik di Cirebon maupun di Bandung. Hilmia menuturkan, adapun perbedaan yang diberikan untuk program Nasional Plus yaitu para guru atau staf pengajar akan lebih ahli dalam hal mengajar dalam Bahasa Inggris. Pihaknya juga bekerjasama dengan Mentari Books Indonesia yang akan mengadakan training-training khusus bagi guru yang mengajar pada subjek-subjek yang khususnya mengajar dalam Progam Nasional Plus tersebut.

Hilmia mengungkapkan, Progam Nasional Plus yang telah diluncurkan tersebut memilki sejumlah keunggulan. Keunggulan yang pertama yaitu, Program Summer School Scholarship yang berkerjasama dengan SMA yang berada di Inggris. Program tersebut untuk dapat mengadakan kuota Program Summer School Scholarship yang dapat Edu Global School tawarkan kepada para siswa dan dapat menjadi salah satu poin plus dibandingkan dengan sekolah lain.

Kedua, Progam Nasional Plus juga akan menawarkan Islamic Environment yang akan dijalankan, seperti Tahsin dan Tahfidz, hingga Pembiasaan Do’a dan Tilawah. Kegiatan-kegiatan tersebut, menurut Hilmia tidak akan kami lepasakan walaupun memiliki dua kurikulum atau menerapkan Cambridge International. Untuk program yang ada saat ini, meliputi pembiasaan para siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris, meningkatkan para guru atau tenaga pendidik dalam kemampuan berbahasa Inggris dan menagajar dalam Bahasa Inggris juga.

Menjelang bulan Ramadhan, Edu Global School juga tengah mempersiapkan untuk mengadakan kegiatan berbasis Bahasa Inggris yang berhubungan dengan Ramadhan, contohnya storytelling dalam Bahasa Inggris atau program Pesantren Kilat yang materinya disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Program Bilingual dan Nasional Plus di Edu Global School.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kreasi Edulab Indonesia, Zulhanudin Lubis, S.H., M.A.P. mengatakan, dengan diluncurkannya Program Bilingual dan Nasional Plus tersebut, tidak ada hal yang berbeda namun ada penekanan dan peningkatan untuk dapat menghadirkan peran Edu Global School dalam menorehkan dan membantu pemerintah, yang salah satunya memberikan kontribusi di dunia Pendidikan.

Menurutnya, harus juga melihat bahwa sekolah itu benar atau tidak dengan kurikulumnya. Terdapat nilai-nilai agama atau tidak adalah hal yang penting untuk dapat dicermati. Saat ini, sekolah Internasional sudah cukup banyak, namun yang memiliki nilai-nilai agama apakah benar-benar diterapkan atau tidak. Plusnya adalah nilai-nilai agama lebih baik ketimbang plus-plus yang lainnya.

Hilmia juga menambahkan, marwah dari Edu Global School senantiasa dihadirkan dan mengutamakan 3 pilar, yang meliputi talent, academic, and character. Menurutnya, bukan hanya nilai akademik saja yang tinggi, namun juga nilai religi, nilai akhlak, dan nilai karakter yang menjadi perhatian. Serta memperhatikan talent para siswa, tidak hanya akademik tapi juga softskill dan hardskill yang menjadi potensi para siswa tersebut.