Pertanyaan 

Ustaz, bolehkah salat tahajud selepas salat tarawih?

 

Jawaban

Sahabat MQ, Sebenarnya, tidak ada larangan tarawih dan tahajud dilakukan dalam satu malam. Karena ini merupakan dua hal yang berbeda. Memang, qiyam ramadan, dua-duanya qiyam atau salat yang dilaksanakan di malam bulan Ramadan. Sehingga, sama-sama qiyamuramdhan.

Akan tetapi, tarawih dan tahajud adalah dua hal yang berbeda. Kalau tarawih jelas dilaksanakannya bersama-sama,setelah isya atau sebelum tidur. Sedangkan, salat tahajud dilakukan sendiri, biasanya pada sepertiga malam, dan dilaksanakan sesudah tidur. Oleh karena itu, boleh dan tidak ada larangan untuk melaksanakan tahajud selepas tarawih.

 

Namun, yang perlu jadi perhatian adalah salat witir. Karena, tidak boleh ada dua witir dalam satu malam. Jadi, kalau mau tahajud dan diakhiri dengan witir, berarti ketika tarawih,  witirnya ditunda. Atau, boleh witir saat tarawih, tapi ketika tahajud tidak perlu ditutup dengan witir. Kenapa? Karena tadi witirmya sudah.

 

Sahabat MQ, Tidak ada larangan tahajud setelah tarawih, yang perlu diperhatikan adalah salat witirmya yang dilaksanakan sekali saja, ketika tarawih atau tahajud.

(Dijawab oleh Ust.Saepudin Abdul Fattah)

 

Lihat video selengkapnya di sini.